Bagaimana sih membaca ukuran Ban kendaraan kita?

Maaf gan baru update lagi. Artikel ini berasal dari penasaran saya waktu melihat ukuran ban di mobil saya. Rencana mau ganti velk dan ban pada mobil (baru mengandai-andai ukuran velg sama ban apa yang cocok buat modifikasi mobil saya) pas lihat mobil avanza yang udah di modifikasi velknya menggunakan ukuran 205/50 R17 kok jaraknya antara telapak ban dan bemper gak beda jauh. padahal ukuran ban standart avanza 185/70 R14.
saya kira ukuran angka paling depan itu ukuran diameter banya,ternyata itu salah.

menghitung ukuran ban

gambar di atas mungkin bisa sedikit lebih jelas tentang bagaimana cara kita untuk membaca spesifikasi ban. biar lebih jelas lagi ada😀

membaca spesifikasi ban

cara membaca spesifikasi bannya

Contoh : P185/60R14 82H

P : Passenger, untuk kendaraan penumpang.
185 : 185mm, menunjukkan lebar ban, diukur dari satu dinding ke dinding yang lain. Artinya, angka dalam milimeter ini menentukan besar telapak ban. Makin besar angkanya, telapak ban akan semakin lebar.
60 : 185 x 60% = 111mm (tinggi ban / profil ban), rasio tinggi terhadap lebar. Makin besar angkanya dinding ban akan semakin tinggi. Makin kecil angkanya dinding ban akan semakin rendah.
R : Konstruksi ban, simbol R mewakili ban bertipe radial.
14 : Diameter ban atau yang lebih dikenal dengan ring 14. Biasanya sesuai dengan diameter (ring) velg.
82 : 475kg (load index), setiap angka memiliki tingkat daya angkut berbeda, untuk lebih lengkapnya baca load index dibawah.
H : 210 kph (speed rating), batas kecepatan maximum yang diperbolehkan, tiap huruf memiliki tingkat kecepatan berbeda-beda.
Penting! Angka load index dan speed rating adalah pada kondisi ideal, apabila telapak ban sudah tipis tentu saja akan terjadi penurunan performa.
indek beban dan speed ban

Informasi lain yang penting adalah kode produksi. Ban akan kedaluwarsa dalam waktu tiga tahun setelah ban tersebut dibuat. Kode produksi dicetak pada salah satu sisi ban, biasanya dengan marking unik mirip peneng. Setiap pabrik ban memiliki jumlah digit tertentu untuk kode tersebut, ada yang 5 digit, ada pula yang 7 digit. Sedangkan standard international adalah 4 digit dari belakang yang menunjukkan minggu (week) dan tahun (year) ban tersebut dibuat.

Z4315 artinya ban tersebut dibuat pada minggu ke-43, tahun 2015
XYZ2715 artinya ban tersebut dibuat pada minggu ke-27, tahun 2015

Pada saat membeli ban baru kita harus lebih teliti dengan melihat masa kedaluwarsa ban tersebut, dan kita berhak untuk menolaknya apabila ban tersebut sudah kedaluwarsa, karena bisa terjadi resiko ban pecah, dan untuk pemakaiannya lebih baik jangan melewat masa tersebut.

3 thoughts on “Bagaimana sih membaca ukuran Ban kendaraan kita?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s