Spek Jupiter Z TungganganQ

Di jaman sekarang ini  mungkin kendaraan menjadi kebutuhan pokok setiap orang, Sekarang banyak pilihan yang akan bikin bingung kita untuk memilihnya,mulai dari matik,bebek,betik,scooter,sport naked dan yang fairing. Tapi saya telah jatuh hati pada satu type motor yaitu yamaha jupiter z tahun 2009. ini sangat banyak pertimbangan mulai uang yang paspasan, jadi hanya sanggup beli yang second, coba kalau ada uang lebih sport injection jadi pilihan,,hehehehe (ngapepnya gitu)

Langsung saja deh kita bahas spek jupiterku, yang pertama saya akan mengulas tampilan terlebih dahulu. setelah dapet motor ini saya langsung musiumkan velg asli lalu saya ganti dengan velg almunium ukuran 140 x 17 untuk depan dan 160 x 17 untuk belakang untuk ukuran ban 70/80 tipe genzi dari tdr dan 80/80 untuk belakangnya, tromol saya poles biar mengkilat  dan jari-jari diganti dengan merk TDR biar kuat gak gampang patah. lalu shock depan saya turunin sekitar 2 cm. yang penting bagi saya motor kelihatan bersih dan mengkilat udah cakep tu dilihatnya.heheheh😀 slang rem ganti TDR racing

Yang ke dua di bagian mesin ini yang mendapatka  yang cukup banyak sentuhan. kopling saya ganti manual dari morot X-1 Thailand, per koplingnya  menggunakan merk BRT, untuk urusan bore up piston saya ganti dengan kawasaki zx-130 karena pantatnya lebih pendek deri kaze jadi gak perlu motong dan ada lapisan teflonnya.blok silinder saya papas bagian depan 0,6 mm, saluran in dan ex saya porting dan polish sendiri trus biar buka tutup klep gak telat per klep saya ganjel ring . untuk noken asnya saya bikin sendiri yang mempunyai karakter di putatan menengah atas ngisi terus. trus karburator saya ganti dengan miliknya ninja R type PWL yang venturinya 26 mm,dapet original di kasih temenku di bandung,,,untung banget ya,,,,hehehehehe Agar putaran mesin lebih ringan mencapai putatan tinggi sistim double starter saya lepas,lumayan berat magnet jadi berkurang.

Mesin sudah jadi tinggal pengapianya,,,cdi saya ganti BRT DualBand type TR (Tuneup-Racing) cdi brt dualband memiliki 3 type, menggunakan tipe ini karena spek mesin sudah gak standar lagi,sudah semi racing. yang trakhir busi menggunakan TDR balistik.

knalpotnya masih menggunakan std,,biar kelihatan seperti motor standatr,xixixix😀😀

motor ini saya pakai buat harian,,bagaimana menurut teman2?tampangnya standart:D😀

55 thoughts on “Spek Jupiter Z TungganganQ

    • kemarin pernah pasang knalpot racing masbro,,kaget lihat spidometer gas belum mentok udah 120 kpj lebih,naiknya cepet banget. minumnya apa aja boleh,,kalau pengen ngibrit ya diminumin petramax.sekitar 1 : 25-30 tergantung pemakaian,kalau buat eco riding ya irit

    • pertama saya coak 1,8 mm,pas di bongkar kmren ternyata masih nabrak klepnya, kelihatan ada coakan di sehernya,saya dalemin lagi 3 mm skalian,jadinya kompresi sedikit turun.

    • bunyi ngiyungnya dari sebelah mana masbro? dari bagian tengah mesin atau di kepala silinder? itu mungkin laher dari noken as kalau bunyinya berasal dari kepala silinder.coba didengerin dari mana masbro!

      • Halo Gan,,
        thanks dah baless,, gw keburu kelar.. wkwkwk..
        gini spek ane:

        Seher pake Jup Z standar, kira” sih OS 100 lewat dikit kl pake Jup yang belom Z..
        Bak kopling X1 ori, tp stut yg kecil diganti baja, yang almu lembek bgd bos..
        Kampas ori..
        Per kopling ori..
        Kopling sentrifugal las 4 titik, kampas ga dibuang..
        CDI ori, karbu ori (ga naik spuyer sama sekali), Koil fukuyama (dulu ga punya duit n yang ori mati, jd asal dah), busi ori, klep ori, noken as ori, kiprok ori..
        Knalpot ganti yang free flow, bikin, jd ga ada merk..
        Velg pake punya F1ZR ori yang palang tiga..
        Kampas rem pake daytona smua, beli di AMX, hehe..
        Rasio gir final standar, beli di bengkel resmi, tau yang depan brapa, yang blakang sih 38..

        nah, yang mau ane tanya, knapa ngangkat ke rpm atas berat yakk, tapi kalau dah naik, enak Gan, ga mau turun, jadi bisa wus wus wus..ngangkatnya aja nih yang awut”an..

        Top speed skrg kl sendirian tembus 105an (mentok), dulu standarnya dah ribet nyenggol 70an.. buatku sih dah kenceng,, kalo kata Agan, bagus gak?

      • salah gan,diameter piston jupiter lama 49mm (belom Z) lalu jupiter z pistonya 51mm. jadi kalau makai seher jupiter sama kaya oversize 200.jadi skg motor sampean ccnya 110. pasti skg motornya enak (galak)di putaran bawahnya aja! karena main jet sama pilot jenya belum dinaikan satu tingkat,coba deh di naikan satu tingkat trus girnya yang terlalu ringan,memang sih buat angkat2an enak,tapi untuk topspeed kurang,klau ada dana coba ganti yang sama ukuran jupiter z 36 mata. untuk putaran atas yag berat lambat naiknya bisa dikurangin dengan porting lubang isap (in) dan lubang buang (ex)

      • Mas, biar jelas aja deh,, ku ngalor ngidul kayanya,
        ku pake knalpot free flow, karbu standar, seher jupiter z standar, ane pake pilot n main brapa ya?

      • Gan, thanks berat jawabannya,

        betul gan, enak banget dibawah, cuma sring slip kopling, lg nunggu per RX King juga.
        Pilot rupanya 12,5 main 90,, kemarin di stel di bengkel di manggarai, galak gan,
        Porting bulan dpan ane kerjain, tp kemarin beratnya berkurang lumayan pas stelan klep di cek, ternyata out nya rapet banget.
        Skrg enak gan, yah lumayan, bekasi kebayoran baru PP cuma abis premium 1,5 liter.. tp mesin adem, nyaman deh..
        Oya gan, si motor, kalu ane panteng gasnya (jalan), kaya naik turun rpmnya, ngayun gitu,, rante ane juga jadi kendor kenceng alias dorceng.. ada yang bilang as roda atau as transmisi ane jebol..

      • maksudnya bebret mesinya,jadi ndut2an gt?mantenya pas handgrip gas di buka seberapa? atau pas rpm brp? kalau rantainya kyaknya yang bermasalah udah mnta gnti.

      • Nope, ga brebet gan, mesin ngraung, tp naik turun, duh, ribet nih, ktahuannya pas dibawa,,
        RPM ga tau gan, soalnya ga pake tacho, tapi bukaan gas 1/2 sampai 3/4, kalau udah full n mesin dah tinggi rpmnya, ga gitu brasa naik turun,, kalau lagi engine brake (kelar lepas gas, turunan misalnya), trasa juga ngayun, kaya ngerem” gitu, tapi kalau ngerem”, logikanya kan makin cepat motor, makin hilang ngayunnya, ni hampir di smua gigi ngayun gitu gan,,

  1. hebat bngt ente gan.
    Ane mohon pencerahan.
    Mtr ane jupie z ’03.
    Spek standart smua..kcuali karbu yg dah direamer.
    Dulu2 akselerasi n power terhitung normal,wong bisa nyentuh 110km/jam walau hrs nyusurin aspal panjang dulu.
    Skrg ane pnya ganjalan masalah pd akselerasi.
    Yaitu motor ky agak ngeden doang n tenaga jd kagak nongol.
    Itu terjadi tiap pindah dari gigi 3 ke 4.
    Trus PR yg 1 lg..kalo mtr lepas grip gas trus mau brenti..kok anjrut2 ky mtr kopling yg kagak ditarik koplingnya.
    Makasih sblmnya gan..

    • klo masalah ngeden dong gan itu kayaknya kampas koplikgx udah haus minta ganti,jadi tenaga dari mesin tidak disalurkan seluruhnya k roda,terbuang sebagian karena selip koplingx.trus klo ajut2 seperti motor kopling yang gk ditarik itu yang bermasalah dari kopling sentrifugalnya!

  2. gan motor ane jupiter z 2007
    kalo di tarik suka ndut2an pas di gigi 1 atau 2
    terus ada bunyi dari mesin itu kenapa ya kayanya dari headnya bunyinya
    maksih gan

  3. ga gan bcanda doang, pnya sya jga jupiter z 2006 tp ga bisa knceng ky gtu, btw hbs modal berapa gan oprek mesin sma velg,nya…???

  4. om saya mau bangun jupi saya 2008 , mekaniknya saranin pake seher Kaze, Pir Kopling TDR, Noken As Kawahara K2, klep, CDI , Koil, Busi, Karburator Standart. itu gmn mnurut agan ?

Tinggalkan Balasan

