Yamaha Vixion, motor sport dari pabrikan yamaha yang berteknologi fuel injection ini memiliki power 11,10 kWatt atau 14,88 Hp di rpm 8500 dan torsi 13,10 Nm di rpm mesin 7500 . Adalah motor yg cukup responsif, mengingat motor std harian.. Respon mesin ini ditolong oleh mesin tegak single cylinder dengan 4 katub atau 4 klep SOHC dengan perbandingan kompresi 10,4 : 1..
Walaupun sudah cukup responsif, tapi masih aja yang ngeluh kurang!! Ini ada tips yang dapat menutupi kekurangan tersebut.
. Karena menggunakan sistem injeksi, belum banyak yang dapat dilakukan untuk mensetting power mesin. Mengubah air fuel ratio (AFR) menjadi salah satu cara yang paling mudah. Tentu jadi pertanyaan, seberapa besar pengaruh mengubah AFR motor injeksi. Di motor injeksi sangat berpengaruh. Udara dan bahan bakar ditakar benar benar akurat.
Jadi jika ada perubahan terhadap campurannya pasti akan berpengaruh terhadap tenaganya. Melalui alat FI Diagnostic Tool, AFR dirubah untuk mencari perubahan terhadap Torsi dan Tenaga. Karena setiap penambahan satu angka maka yang terjadi adalah penambahan suplai bensin sebesar 0,05 cc lebih banyak dibanding sebelumnya. Sedangkan kalau angkanya dibuat minus atau di bawah 0, maka itu artinya miskin bahan bakar.
Pada FI Diagnostic Tool Vixion AFR dapat diubah dalam bentuk angka. Mulai nol naik +30 sampai -30 dan dari semua angka tersebut dicari mana yang terbaik. Campuran paling kaya belum tentu menghasilkan power mesin paling besar, semua ada batasannya, mengingat mesin masih standar.
Dari sedikit penjelasan diatas dapat kita ambil ilmunya dan jadi tips berikut
Ttips ringan. lakukan service di dealer resmi yamaha plus ganti olie , Trus bilangin ke mekaniknya untuk Menaikan COnya menjadi +10 sampai +15. Lakukan setingan CO ke +10 dulu,kalau masih kurang naikin lg ke +15. Trus kalau menggunakan knalpot Racing bisa di setting ke + 20,dijamin deh tarikan makin Nampol. tapi Campuran paling kaya belum tentu menghasilkan power mesin paling besar, semua ada batasannya, mengingat mesin masih standar.
sip ajib 😀
sudahkah melakukanya A”???? pasti sudah!!!!
dari yang minus sampe plus udh dicoba 😀
mantab, walo g mkin kentjang plng g akselerasinya mkin yahud..
ya,ne cuma nambah di akselerasi,top speednya gk seberapa peningkatanya.
kalo mesin standar biasanya +3 – +5 trus klo copot filter udara +10 – +15 kalo gnti knlpot n copot filter biasanya ane nyetelnya di +15 – +25 😀
oce,ne yng luar biasa biar tambah nampol
😀
Nice tips mas bro. *Padahal Vixion standar dah kencang, hehehe 🙂
z1 juga bisa kayaknya!!! klo service coba tanyakan mekaniknya
yup sepeda motor bebek injeksi kencang dan irit jupiter z1 bisa kencang juga.. karena teknologinya udah pake teknologi mesin balap 😛
yups
efek sampingnya,piye..? http://bakulkangkungjpr1.wordpress.com/2012/10/06/sehari-melupakan-motorngontel-dulu/
bbmnya otomatis lebih boros dari semula masbro
Paling majur…ya
jadikan vixion versi karbu…
pake karbu nsr + cdi racing….
dijamin ngacir… gak minder walo lawan cbr 150 fi…
di coba dulu masbro
cara naikin tarikan z1 gmana mas broo
pas lagi service ke bengkel resmi yamaha minta di seting setelan CO nya di naikin ngomong aja ke mekaniknya biar tarikanya makin enak.