Kunci Performa Mesin Four Stroke

Sebuah mesin motor merupakan suatu sistim yang bekerja saling berkaitan. Banyak part dan bagian yang dapat meningkatkan perfoma mesin, part tersebut antara lain, piston, camshaft, karburator, CDI,klep  dll. bagian yang perlu dimodifikasi yaitu porting dan polish pada kepala silinder salah satunya.

 

Penggantian Piston dengan diameter yang lebih besar akan berakibat membengkaknya volume silinder dari standartnya,efek yang lain yaitu tarikan motor akan lebih ringan dan cepat ini disebabkan meningkatnya kompresi atau rasio kompresi dari sebelumnya. rasio kompresi yang tinggi membutuhkan oktan bahan bakar yang lebih tinggi pula,cara menganalisanya dengan mendengarkan suara mesin saat kita pakai jalan.pada saat akselerasi terdengar suara ngelitik atau detonasi itu salah satu contohnya.

 

Camshaft apabila diganti akan berdampak pada karakter dari mesin tesebut.  di RPM berapa dia bekerja bagus, pada RPM mana dia lemah.

Poting,apakah itu

 Adalah proses modifikasi jalur pemasukan dan pengeluaran dari sebuah mesin pembakaran dalam untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas dari aliran udara. Kepala silinder, sebagaimana dicetak pabrikan, umumnya kurang optimal dikarenakan desain dan batasan proses manufaktur. Porting kepala silinder memerlukan perhatian akan detail yang bagus agar membawa mesin ke dalam level efisiensi tertinggi. Lebih dari faktor lain, pengerjaan porting bertanggung jawab untuk keluaran tenaga besar dalam mesin. 

15 thoughts on “Kunci Performa Mesin Four Stroke

  1. ”… kurang optimal dikarenakan desain dan
    batasan proses manufaktur.”
    Maksudnya manufaktur?
    Berarti pabrikan menciptakan sepeda motor itu belum maksimal ya bro?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s