Efek Celah Klep

efek celah klep

Penyetelan celah klep dimaksudkan untuk mempertahankan celah (clearance) antara ujung batang katup dengan ujung baut penyetel katup agar tetap sesuai standar. Tujuannya untuk diperoleh unjuk kerja mesin yang optimal.

Pemberian Jarak Bebas dimaksudkan guna mengantisipasi pemuaian pada klep selama proses pembakaran pada mesin.

Jika Jarak bebas klep terlalu lebar dapat mengakibatkan suara berisik pada mesin (daerah penutup setingan klep) dan jika jarak bebas klep terlalu sempit, saat klep memuai maka klep akan terdorong sehingga membuka port-port saluran masuk/buang pada ruang bakar, mesin akan kehilangan kompresi, susah stasioner, bahkan dapat menyebabkan klep gosong .

Setelan klep juga mempengaruhi lift (tinggi klep membuka) dan duration (lama waktu membuka) katup.
misal, pada celah standar, lift katup 5,5 mm. nah, ketika dibikin lebih sempit 0,02 mm, maka lift akan bertambah pula, tergantung jarak poros rocker arm. (kalau jarak poros di tengah, maka akan bertambah 0,02 mm pula, jadi 5,52 mm, kalo gak ditengah, bisa dihitung pake persamaan sederhana). meski sangat sedikit, tapi efek bagi mesin akan terasa cukup signifikan.

Ketika klep direnggangkan, maka angkatan klep berkurang, dan durasi klep juga berkurang. hal ini membuat langkah kompresi lebih padat (karena lebih lama), meski fluida yang masuk lebih sedikit. klep buang juga akan membuka lebih lambat ketika akhir langkah tenaga, sehingga langkah tenaga lebih lama.
nah, karena kompresi lebih padat dan langkah tenaga lebih panjang, maka torsi putaran bawah menengah lebih bagus. apalagi, setelan renggang mampu menyediakan celah buat katup untuk menutup sempurna.
torsi lebih bagus diperoleh dengan pemakaian bbm yang lebih sedikit (karena lift dan duration berkurang), so lebih irit. katup juga mempunyai kesempatan untuk menyalurkan panas lewat dudukan katup lebih lama, jadi katup lebih dingin.

sebaliknya, jika stel klep lebih rapat, maka lift dan duration bertambah, efeknya, bbm lebih banyak, namun langkah kompresi kalah padat (karena lebih pendek) dibandingkan dengan setelan katup renggang. demikian pula, langkah tenaga lebih pendek dari setelan klep renggang. so, torsi pada putaran bawah menengah lebih kecil, namun tenaga putaran atas lebih bagus, karena flow bbm lebih banyak dan lancar. bbm pun lebih boros daripada set-elan renggang.

namun perlu diingat, jika terlalu renggang, mesin akan berisik, so kepala katup, rocker arm, ujung baut penyetel katup, dan noken as akan cepat aus. bearing noken as juga cepat aus karena hentakan bertambah. selain itu, karena terlalu renggang, laju gas masuk dan keluar mesin berkurang terlalu banyak, mesin justru kurang tenaga (ngempos), dan lebih panas (karena lean, dan gesekan bertambah). karena tenaga berkurang, hasilnya boros juga karena harus memutar grip gas lebih dalam.

demikian pula jika terlalu rapat, katup tidak menutup sempurna, so mesin susah hidup (susah stasioner), tenaga ngempos (kompresi bocor), katup overheat (pelepasan panas tidak cukup,

terutama katup buang), juga ujung katup serta ujung baut penyetel katup lebih cepat aus (karena terkena dorongan ledakan ruang bakar dari katup). efeknya, mesin lebih panas juga, bbm boros. bahkan, katup bisa melengkung.

Yang paling bagus, emang stel sesuai spek standar. jika mau lebih rapat atau renggang, jangan terlampau jauh dari ukuran standar. Kecuali spec motor kompetisi.

81 thoughts on “Efek Celah Klep

  1. Masih agak bingung soal terlalu rapat atau renggang dari stelan standar. Ini buat setelan klep in atau ex ataukah kedua2nya?
    Misalnya standarnya: in=0,10 dan ex=0,17,
    apakah stelan lebih rapat itu: in<0,10 dan ex=0,17 atau in<0,10 dan ex<0,17?

    Apa efeknya jika hanya salah satu klep in/ex saja yang di stel?
    Thanks yah

    • kalau di setel lbih rapat dari standar motor,akan berefek pada suara mesin terasa lebih hlus,dan bila teralu rapat penyetelanya akan berakibat tenaga berkurang saat panas dan susah stasioner saat panas.kalau di setel lebih renggang dari setelan standart akan terasa tarikan lebih terasa dan suara mesin sedikit lebih kasar.

  2. mw nanya gan, ane pake vixion. setelah ane stel klep malah suaranya ngelitik bgt,apa lagi ketika mesin agak panas,tenaga juga kurang. oh ya setelan klep mempengaruhi mesin overheat ga, soalnya indikatornya sampe pernah nyala?

    • di setel ukuran berapa gan? klo udah di setel ukuran standart standartnya 0,10 untuk in dan 0.14 untuk exnya.
      klo masih kasar mungkin sampean salah ngeTOPinya salah.teknik simpelnya nyetel klep harus di top komptresi,cara mengetahuinya pas tanda top di magnet.lalu putar poros engkol maju-mundur dan kembalikan lagi keTOP.pas di putar maju mundur lihat pelatuk atau rocker arm bergoyang berarti itu salah ngetopinya,harus di putar sekali lagi poros engkolnya gan,dan coba putar maju-mundur lagi,klo udah diam gak bergerak itu baru di top kompresi.baru deh di setel lagi klepnya. bisa overheat jika setelan klep terlalu renggang.

      • ane sih stel di beres gan, kurang ngerti masalah setelanya. waktu awal2 hidupin mesin emang sih ga ada suara ngelitik, tapi udah agak lamaan aja berisik banget, terlebih kondisi panas. performa mesin yg ane rasa juga beda antara sebelum dan sesudah setel, jadi lebih cepet panas.
        trus ane mesti gmn gan,khususnya utk setelan yg standar n tidak berisik (apakah setel ulang)?
        trims gan infonya😀

  3. Mau tanya ne kawan aku pakai vixion tp tarikannya gak maksimal tarikan gas berat bgt…..??kira kira kenapa ya ap perlu stel klep nya

    • perlu,di setel lagi biar sesuai spek dari buku petunjuk.kalau pingin dirubah setelan celah klepnya untuk sedikit merubah karakter motor. trus masalah tarikan mulai berat karena udah lama gak servis rutin itu sepertinya dari filter udara yang udah kotor.jadi mesin lebih banyak menyedot bensin daripada udara.efeknya pembakaran dirung bakar jadi gk sempurna.jadi boros bahan bakar dan berat tarikanya!

  4. Kalo saya Stel Klep smash 2005, Ternyata saya kasi in 0,05 out 0,06 Tetap ada bunyi ngelitik. Saya coba dirapatkan lg untuk menghilangkan suara. dengan ukuran 0,03 in dan out 0,03. Tetap Nglitik. Itu Kenapa penyebabnya y?

  5. Gan Mx Ane 2010 Ko Setelah setel klep in 0.10 dan ex 1.5 ko mesin jadi brebet dan ngempos. udah ane ganti busi baru NGK cpr8ea-9 Masih Juga Brebet. karburator udah ane kuras dan seting, tapi tetep aja nihil minta pencerahannya bro……so ane udah mumet.

    • Klo bebret itu sepertix dari karburatorx setingx gk pas gan.klo bleh tau bebretx pas puteran mesin pelan apa tinggi… atau pas puteran gas seperempat atau gas buka penuh…..sepertinya bebretx pas handle gas d buka full y

  6. mas,mo nya ni,,,ane pny vixi 2011,knpa ya mesin ksar,sprti ada bnyi klotok2 gtu,tp pas kopling dtrik,suara nya dx ksar lgi,,,
    n klo dibwa jln jauh tu pas pnas,msin ksar bnar kyak ada bnyi serbutan pasir,,,,kasi solusinya dong,plis,,,ane bru 2bln ni,bli seken,,,he

    • Itu bagian koplingnya bro…memang klo kopling manual seperti itu….mungkin hanya suara kasarnya berbeda sama yg motor baru.trus klo pas mesin panas bisa karena detonasi mesin.penyebab detinasi mesin krna oktan bahan bakar yang tidak pas,pembakaran yg tidak sempurna, trus udah banyak karbon sisa bahan bakar yg mengendap d ruang bakar jadi karbon tersebut waktu panas jadi bara api.waktu bahan bakar dan udara yg tercampur di dalam ruang bakar harusnya di bakar dengan percikan bunga api dari busi, tetapi karena ada karbon tsb maka terjadilah pembakaran duluan sebelum wakrunya.

      • Ok gan.klo udh d coba….share lg ya gan gmna hsilx. ..gue saranin carbon cleanerx di campur dengan pertamax plus….hasilx ntr baru terasa setelah jalan lbh dari 100 km gan

      • sip gan,,, tp kalo cuman bensin doang gmn gan? soalnya pertmak mhal amat gan,,,,he gx ccok buat kantong kuliah gan,,,
        n apkh bensinnya yg dicampur tu hrus dpake habis dulu baru diisi lagi?

      • hehehe,,,mksih bnget gan,,,nnti siang ane nyoba,,,
        gan klo mtr dbwa jalan yg dx rata tu suka goyang gan,kira2 apa tu? ban depan standr,blkg pke korsa 100/80,,,,padahal sasis ama pelak kalok disatandar 2,ane goyang2 dx ada yang goyang prasaan ane,,,he
        gmn solusinya gan?

      • Sepertinya ban belakang jadi lebar dan keliatan ceper ya gan. Ban lebar emang gitu klo kena jln yang gk rata…pas djln yg rusak ban kena beban hanya sebelah kanan..jdi motor terasa mbuang k kiri…trus dan sbaliknya…..klo d jln yg rata beban ban ada d tengah kdi gk goyang2 gan…

      • jadi kalo ane kasi ban 120/80 gmn gan? pelak ane standar gan,,,
        atw bgsnya ukran brpa ya? ane sring jaln ptk-singkwang pp gan,, sktar 230km,,, takut ada apa2 gan,,he

      • tq gan,,,, tadi ane udh pkai tu YCC,uda ane pakai buat 20km lbih lah,,, tarikan emng agak nyaman gan,cuman bunyi tek tek tek nya msih ada gan,,,kalo gigi 5 lari 40km/j tu masi kedengeran,,,, kira2 apanya tu gan? atw emng lum bkrja ya YCC tu

      • Sepertinya klo motor kopling manual klo d pakai rpm rendah klo d tarik gasx memang gtu deh gan…gigi 5 klo lari 40km/jam rpmx d sekitar 3000rpm kn gan!

  7. gan ane mau nanya dong motor metik ana tuh, klo di gas suka brebet berebet trus mati deh, d selah idup baru dua x gas mati lagi kira2 ap pnyakit y , karbu normal/bersih,bensin ada ,koil bagus /apiy gde,busi baru, tpi pnyakitan gan kira2 ap nya ya gan

  8. gan,mnta pencerahannya donk mengenai suara ngricik pd mx 2010.sblm turun msin dan part masih bawaan mx,suara ngricik sudah timbul dan setting klep renggang makin brisik dan setting rapat brisik hilang hanya bbrp minggu dan kembali muncul ngriciknya.nah krn kbtln cranksaft isi oblak,akhirnya mx gw turun mesin dan ganti cranksaft assy (ori mx),blok+seher (vixion),noken as(vixion),arm rocker (ori mx),keteng+arm rocker(ori mx).namun stelah dirakit smuanya,suara ngriciknya masih ttp timbul wlpn sudah di setting renggang dr standartnya mx atau vixion dan sampai setting rapat sklipun.mohon pencerahannya gan?

    • suara ngericik yg timbul pada motor mas bro pas lagi trasioner/langsam/idle ya gan? seebenarnya suara itu wajar karena setelan celah klep yang sedikit diberi gap antara rockerarm dan klep.sehingga kedengeran seperti bunyi ketukan besi sama besi,apalagi mx yang menganut kompresi yang cukup tinggi penyetelan di buat lebih renggang karena akibat dari kompresi yang tinggi menyebabkan panas berlebih sehingga pemuaian batang klep makin banyak.jadi kenapa setelan klep di bikin renggang karena pada saat mesin panas batang klep memuai.klau gk di beri celah kompresi akan bocor.kalau kompresi bocor tenaga motor jadi berkurang.

    • waktunya serfice gan…..di serfice karburatornya…kemungkinan udah kotor…..filter udara dibersihin klo blum pernah ganti lebih baik ganti baru.setel klepnya..trus klo matic jangan lupa servive cvtnya..kemungkinan udah pada haus seperti roller dan vanbeltx

  9. mas bro, mau sharing dan tanya. ane pny mtor mx thun 2007 automatic cluth/tanpa kopling. truz ane rombak dan pasang kopling, gardan/ganda ane lupa juga udh ane las biar persneling g bgitu dalem. nah pertanyaannya, knp pas d tarik koplingnya dan d tahan pada gigi 1-4 ada bunyi tek tek tek dan mtor brasa ndorong2 k dpan, padahal ane udh nyoba stel kabel kopling ampe ganti kampas kopling ttep aja ada bunyi tek tek tek dan rantai terasa ndorong maju.

    • efek pakai kopling manual begitu,,jarang ada yang halus klo stasioner…klo suaranya parah coba cek karet koplingnya mungkin udah oblak.. kalau pas kita kopling trus masuk gigi motor masih jalan itu kopling tidak bisa memutus tenaga/putaran yang menuju ke roda.akalinya dengan murdurkan tuas kopling yang di atas bak mesin,setelan tuasnya agak mundur. trus ini yang sepele tapi ada pengaruhnya walaupun sedikit…baut antara handle kopling sama rumah handle kopling itu biasanya di kasih baut biasa,ganti yang baut memang buat kopling.trus setel juga di stut koplingnya bila perlu kasih ring.

      • makasi mas bro pencerahannya. mau nanya lagi, kabel dalem kopling yg kuat selain kabel kopling vespa apa y?(cuma kabel dalem), soale ane sering bgt ganti kabel kopling karna ptus dikarenakan per koplingnya ane kasi per korling tiger (agak keras) biar galak koplingannya😀
        tangkis.

  10. Mas bro, motor matic vario wtf baru ’15 saya setelah ganti oli 1000Km di beres pusat tarikan motor setelah hari ke-2 & 3 saat udah lama jalan jadi berat /ngempos tarikannya. Itu apa akibat setelan klep terlalu rapat? Pdhal udah di bawa ke beres terdekat (bukan pusat) setelan klep di ukur pake alat klep gaugge ternyata masih standar. Tapi begitu saat jalan kembali kalo udah panas malah jadi ngempos/berat maunya tarik gas dalam terus agar bisa jalan. BBMnya pertamax 92 terus. Thanx sebelumnya:-)

  11. Hallo Bro,

    Motor ane kan Vario 125i, Celah Klep Standard adalah In 0,10, Ex 0,24

    Nah karena pengapian sudah Upgrade yg jika pakai settingan standard jadi kering, maka ane lakukan antisipasi dengan cara meraptkan celah klep in dan merenggangkan klep ex.

    Saat ini ane pake In 0,08 (Masih masuk toleransi), dan Ex 0,26 (masih masuk toleransi)

    Ane berasunsi jika klep in lebih rapat maka flow bbm yg masuk ke ruang bakar akan lebih banyak karena lift dan duration bertambah. Oke secara teoritis dan terbukti untuk klep in.

    Nah untuk Klep Ex apakah sudah benar ?, soalnya ane bikin lebih renggang dari standard, atau sebaiknya ane raptkan aja ?, jadi In 0,08, Ex 0,24 ?

    Soalnya ane khawatir jika klep ex renggang maka gas buang hasil pembakaran gk terbuang habis lewat knalpot, gas sisa pembakaran belum habis terbuang eh klep ex udh nutup duluan,,,

    Gimana bro ?

  12. Thanks infonya gan,
    Ane mohon pencerahannya gan, motor ane vega rr 2015 setiap mesin dingin starternya susah bgt, dicuk jg sama dan mrebet juga, udh service dan stel klep diBERES Yamaha jg sama saja, masalahnya knp ya? Apa karakter motor vega rr spt itu ya?

  13. Mas,saya minta tolong sekali.motor ku MX 2007,kmarin saya abis dr bengkel utk stel klep karena suara klep berisik sekali,tapi stelah di lakukan stel klep,hasil nya motor saya tarikan bawah nya jadi terasa kurang bertenaga,tapi tarikan tengah & atas enak (nafas nya panjang),sebelum di stel motor saya tarikan atas,tengah & atas enak.
    Prtanyaan saya,apa yg salah dr stelan klep motor saya,yg in / ex kah yg harus di rapatkan / di renggang kan,
    Banyak Terima kasih atas jawaban nya.

    • Suara mesin sekarang masih berisik gk mas? Apa msh ada suara ketukan tik…tik.. walaupun pelan. Trus ada perbedaan tenaga gk antra mesin waktu dingin dan waktu panas?

  14. Gan, mau tanya..
    Motor ane shogun 110 2002, mesin normal..
    Sy lepas tu filternya, setelan klep renggang, ganti PJ/MJnya smash yg lebih besar..
    Tapi waktu dipasang box filter lg, bukaan gas setengah aja udah brebet, ada udara yg balik, padahal udah cb stel karbu ulang..
    Knp ya gan kq brebet, gk mau gas full?

    • Malam gan.itu karena setelan karbunya gk cocok.kemaren kn setelan karburatornya untuk open filter.klo setelan filter dibuka butuh bbm yg masuk lebih banyak makanya agan ganti PJ & Mj punya smash knyanya yg punya ukuran lubangx yg lebih besar dr stdrx shogun.saran ane ganti PJ & MJ yg STDnya dulu, masih aga gk gan? Klo sudah gk ada ane saranin yg PJ nya dlu ganti yg lebih kecil.paling tidak pasang ukuran stdx shogun

  15. Kang mau nanya saya punya mio smile spek mesin piston pake byson os 100 noken as lift lumayan setara kawahara k1 yg mau saya tanya celah klep in out nya berapa mili yak kang:)
    Terima kasih

    • kalau bikinan sendiri lebih baik dibikin lebih longgar…bisa dibikin 0.15 untuk in dan 0.20 untuk ex. kurang lebihnya segitu gan..tp agak berisik nanti suara klepnya

  16. om mau tanya , cs1 aku susah banget langsam , pas mesin dingin dia mati terus , pas mesin panas , dia stasionernya ninggi sendiri kadang sampe 2ribu lebih
    terus contoh pas posisi netral rpm di 1500 , pas masukin gigi dan trkan kopling malah jadi di bawah 1000 dan motor langsung mati
    udah aku ganti repair kitnya , ini masalah di karbu atau klepnya ya om ?, ada yg bilang klep terlalu rapat makanya susah langsam
    makasih

  17. Gan mau tanya.
    Ane habis ganti boost klep dan payungnklep trus setelan klep.. dan paken sudah cek aman semua….tapi knpa ransam motor jd ngk stabil trus merepet

  18. min saya mau tanya motor saya mio spek 54.5 saya mau tanya seputar platuk klep.
    stelan klep saya sudah bener pake stelan 10mm smua atas bawa noken as saya standar tapi kenapa masih berisik saya minta infonya min

  19. Bos mau tanya nih,,, motor ane beat Injeksi, tarikannya lemot banget gak kuat buat nanjak, udah pernah diganti roller pake yang standar oleh bengkel AHASS, namun juga gak ada bedanya, di bawa ke ahass berkali-kali cuma di servise aja. yang saya mau tanyakan ada apa dengan motor saya tersebut, tarikan lemot dan parahnya lagi… kalau buat tanjakan dikit aja ada SUARA MENGELITIK, KRIK-KRIK-KRIK di bagian mesin depan, bagaimana solusinya biar saya bisa bilang ke AHAS apa yang perlu di cek….. terima kasih

  20. bos mau tanya saya mau tanya…. motor saya beat injeksi km 36 rb,, pke pertamax, dan rutin ganti oli standart,, yang saya keluhkan dan belum juga menemui solusi adalah motor saya lemot banget, padahal udah pernah ganti roller + ven belt standar di ahass, dan juga sering di servis rutin. namun tak ada bedanya,, kalo bertanya di mekanik ahas jawabanya kurang memuaskan… yang saya mau tanyakan di sini kenapa motor saya lemot banget dan kalu dibuat tanjakan KELUAR BUNYI MENGELITIK, KRIIIIIIIIIIIIKKKK, KRIIIIIIIIIIIIKKKK di bagian mesin depan…
    tolong jawabanya.. tmksh

    • Siang gan…injeksi juga butuh perawatan…injektornya harus di bersihin…klo tidak dibersihkan lubang2 di injektor bisa buntu.tinggal beberapa lubang aja yang menyemprotkan bahan bakar..dilihat dari kmnya yg sudah 36ribuan sepertinya harus dibersihkan.kalau mau lebih bagus hasilnya bongkar silinder headnya dibersihin kerak2nya sama klepnya di skir truss setelan klepnya di setel sesuai spesifikasi std motor

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s