Masalah Karet Rumah Kopling Motorku

            Masalah ini berawal dari saya membeli motor second jupie z “09 pada pertengahan thn lalu. Saya kepingin memakai koping manual di motor baruku, ya walaupun second tp sya merasa senang karena sudah bisa membeli motor sendiri di usiaku yang telah 22 tahun. Karena saya penyuka kecepatan atau speedfeak maka ku belilah sebuah bak kopling X1 untuk jupiterku.

      Hari libur tiba saya kerjakan sendiri penggantian blok kopling maklum lulusan SMK Otomotif harus bisa sendiri.Lepas knalpot.lepas footstep, lepas blok kopling dan cek daleman kopling ternyata rumah koping udah oblak,maka harus di ganti karet rumah koplingnya.

Langsung berangkat ketoko onderdil di Otista langgananku, beli karet rumah koping, oli, dan paking. Toko langganan saya udah koplit dengan las dan bubut, maka skalian suruh masangin karet rumah kopling dan mengelas rumah kopling ganda ,kopling ganda harus dimatikan apabila kita memasang kopling manual.

Udah pulang  langsung pasang plek-plek gak ada masalah,lepas mekanis me kopling otomatis di bak mesin sebelah kiri pasang kembali plek-plek. isi oli, pasang footstep, pasang knalpot.hidupkan, mesin hidupkan  dan penyetelan handle koping. OK……walaupun suara mesin sedikit lebih kasar ktimbang mesin standart,tetapi emang begitu efek dari pemakaian kopling manual.

Masalah mulai muncul pada hampir seminggu pemakaian. Suara makin kasar muncul dari bak mesin sebelah kanan tempat rumah kopling berada. rasa penasaran muncul lalu saya buka kembali rumah kopling ternyata karet rumah kopling udah oblak lagi. di bongkar dan sya bawa ke toko kemarin,di gantilah karet rumah kopling yang baru, Padahal karet rumah koping sya belikan yang asli pabrikan geneu part.

Sampai rumah pasang kembali, suara mesin sembuh.dipakai harian masih aman-aman aja.

Cerita pengalaman ini bersambung.

23 thoughts on “Masalah Karet Rumah Kopling Motorku

  1. mirip si riris karismaku bro udah 5 x belah mesin he he ,
    mirip juga karet rumah kopling yg nyatu sama gear primer kocak . Kalau mau ganti susah , jadi tak beliin aja rumah kopling baru , sayangnya sampe skrg bebek ku udah nganggur1 thn , masih pretelan belum dirakit:mrgreen:

    • yang pertama kualitas dari karet kopling kurang,kanena sekarang motor jupiter saya udah pakai kopling manual,yang brikutnya spek motor udah di tingkatin jadi menaga motor jadi lebih besar. sampe skg saya belum menemukan solusi dari masalah tesebut. mungkin ada masukan???

  2. Numpang tanya nih masBRO. ZR ane kan di pasangin kopling tuh, sayangnya sering selip dan muncul suara srek-srek di blok kanan masBRO, itu pemasangannya yang kurang bagus apa emang begitu?. niatnya mah pengen distandarin lagi, tapi ada efeknya gak masBRO kalo distandarin lagi?
    Dan kira-kira harga mangkokkan standar ZR di dealer Yamaha berapa?

  3. Agan, ane agak telat nih nyolek blog agan, tapi ane baru pasang kopling x1 ke jupie 2003.. Mesin agak panas gan, dan sepertinya oli mesin kaya ga mau naik ke plat n kampas kopling.. Mohon balasannya Gan, mohon banget butuh pencerahan, rumah kampas dah di bor bbrapa lubang biar oli rembes masuk, tapi masih panas banget..

    Balasan ke emailku aja gan, camelskull89@gmail.com, ku pny email lain (ku pake di form), tp pake ini aja biar aman..

  4. Numpang nanya boss … Motor ane jupiter z, ada bunyi klotok di daerah mesin. (Posisi kontak off) ane masukin gigi trus ban belakang ane puter ke belakang itu bunyi klotok klotok. Tapi klo posisi netral gak ada bunyi. Intinya bunyi klotok itu pas masuk gigi aja, apalagi dibuat jalan malah kenceng bunyi klotoknya, Itu kendala di apanya ya ??
    Terima kasih sebelumnya !!!

Tinggalkan Balasan

