Bagaimana sih membaca ukuran Ban kendaraan kita?

Maaf gan baru update lagi. Artikel ini berasal dari penasaran saya waktu melihat ukuran ban di mobil saya. Rencana mau ganti velk dan ban pada mobil (baru mengandai-andai ukuran velg sama ban apa yang cocok buat modifikasi mobil saya) pas lihat mobil avanza yang udah di modifikasi velknya menggunakan ukuran 205/50 R17 kok jaraknya antara telapak ban dan bemper gak beda jauh. padahal ukuran ban standart avanza 185/70 R14.
saya kira ukuran angka paling depan itu ukuran diameter banya,ternyata itu salah.

menghitung ukuran ban

gambar di atas mungkin bisa sedikit lebih jelas tentang bagaimana cara kita untuk membaca spesifikasi ban. biar lebih jelas lagi ada :D

membaca spesifikasi ban

cara membaca spesifikasi bannya

Contoh : P185/60R14 82H

P : Passenger, untuk kendaraan penumpang.
185 : 185mm, menunjukkan lebar ban, diukur dari satu dinding ke dinding yang lain. Artinya, angka dalam milimeter ini menentukan besar telapak ban. Makin besar angkanya, telapak ban akan semakin lebar.
60 : 185 x 60% = 111mm (tinggi ban / profil ban), rasio tinggi terhadap lebar. Makin besar angkanya dinding ban akan semakin tinggi. Makin kecil angkanya dinding ban akan semakin rendah.
R : Konstruksi ban, simbol R mewakili ban bertipe radial.
14 : Diameter ban atau yang lebih dikenal dengan ring 14. Biasanya sesuai dengan diameter (ring) velg.
82 : 475kg (load index), setiap angka memiliki tingkat daya angkut berbeda, untuk lebih lengkapnya baca load index dibawah.
H : 210 kph (speed rating), batas kecepatan maximum yang diperbolehkan, tiap huruf memiliki tingkat kecepatan berbeda-beda.
Penting! Angka load index dan speed rating adalah pada kondisi ideal, apabila telapak ban sudah tipis tentu saja akan terjadi penurunan performa.
indek beban dan speed ban

Informasi lain yang penting adalah kode produksi. Ban akan kedaluwarsa dalam waktu tiga tahun setelah ban tersebut dibuat. Kode produksi dicetak pada salah satu sisi ban, biasanya dengan marking unik mirip peneng. Setiap pabrik ban memiliki jumlah digit tertentu untuk kode tersebut, ada yang 5 digit, ada pula yang 7 digit. Sedangkan standard international adalah 4 digit dari belakang yang menunjukkan minggu (week) dan tahun (year) ban tersebut dibuat.

Z4315 artinya ban tersebut dibuat pada minggu ke-43, tahun 2015
XYZ2715 artinya ban tersebut dibuat pada minggu ke-27, tahun 2015

Pada saat membeli ban baru kita harus lebih teliti dengan melihat masa kedaluwarsa ban tersebut, dan kita berhak untuk menolaknya apabila ban tersebut sudah kedaluwarsa, karena bisa terjadi resiko ban pecah, dan untuk pemakaiannya lebih baik jangan melewat masa tersebut.

Hitting The Apex Film Tentang Jawara MotoGP

Hitting The Apex yang berdurasi 2 jam lebih ini diputar perdana di Silverstone bersamaan digelarnya GP Inggris (28/8). Mulai diputar di bioskop Rabu, 2 September 2015. Diproduksi dalam format Blu-ray, DVD, dan Digital HD pada 7 September 2015.
motogp
film ini menceritakan sepak terjang Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, Marc Marquez, Casey Stoner dan lainnya hingga pencapaian puncak karier mereka. Dipersembahkan oleh sutradara Mark Neale dan aktor Hollywood ternama Brad Pitt yang di GP Inggris pekan lalu warawiri bertemu pembalap di paddock sirkuit Silverstone. Menceritakan enam pembalap motor tercepat sepanjang masa (Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, Marc Marquez, Dani Pedrosa, Casey Stoner dan Marco Simoncelli),hitting the apex
Semoga saja film ini masuk bisokop Indonesia

Piston CLD untuk jupiter Z

image

Alhamdullah bisa ngeblog lagi setelah lama tidak pasang blog cuma baca2 blognya teman.

Kemarin baru beli piston buat jupiter z milik pribadi, tungganganya udah mulai loyo olienya juga sudah berkurang kalau ganti olie. Belinya di new gaya Otista jaktim..yg memang menyediakan berbagai sparepat racing…tinggal pilih deh. Milihnya sih yg pas buat kantong.

Jupiter yg sekarang sudah pakai pistonya kawasaki z130 yg oz 50.. dulu pakai yg std trus jebol klep exnya patah gara2 di blayer2 di tempat.. jadi hati buat kawan yg udah di bore up motornya apalagi udah di ganti CDI unlimiter atau racing seperti motor ane juga udah pakai CDI BRT yg dual band.

image

Tinggal nyari waktu yg kosong buat gantinya..mbengkel sendiri di rumah gan

Piston CLD untuk jupiter Z

image

Alhamdullah bisa ngeblog lagi setelah lama tidak pasang blog cuma baca2 blognya teman.

Kemarin baru beli piston buat jupiter z milik pribadi, tungganganya udah mulai loyo olienya juga sudah berkurang kalau ganti olie. Belinya di new gaya Otista jaktim..yg memang menyediakan berbagai sparepat racing…tinggal pilih deh. Milihnya sih yg pas buat kantong.

Jupiter yg sekarang sudah pakai pistonya kawasaki z130 yg oz 50.. dulu pakai yg std trus jebol klep exnya patah gara2 di blayer2 di tempat.. jadi hati buat kawan yg udah di bore up motornya apalagi udah di ganti CDI unlimiter atau racing seperti motor ane juga udah pakai CDI BRT yg dual band.

image

Tinggal nyari waktu yg kosong buat gantinya..mbengkel sendiri di rumah gan

Jadwal MotoGP 2014

image

Balapan MotoGP merubah agenda untuk seri balapan
MotoGP musim 2014. Merubah urutan seri Malaysia-
Japan-Australia.
Balapan MotoGP seri Jepang akan dimundurkan menjadi
tanggal 12 oktober 2014, lembaga tertinggi balapan
roda dua FIM telah mengkonfirmasi hal tersebut. Seri
Motegi akan diikuti dengan balapan MotoGP Australia
dan Malaysia pada tanggal 19 and 26 oktober, sehingga
menjadi salah satu bulan terpadat dalam agenda
balapan MotoGP 2014.
Sebelumnya pada jadwal kalender yang dikeluarkan
pada bulan October lalu, 19 seri balapan musim 2014,
dengan FIM mengkonfirmasi panitia Spanish Grand
Prix untuk seri balapan MotoGP Jerez pada tanggal 4
mei 2014.
Balapan MotoGP Brazil belum dapat dipastikan dan
dikonfirmasi hingga berita ini diturunkan.
2014 MotoGP calendar:
23 March       Losail, Qatar
13 April Austin, USA
27 April       Rio Hondo, Argentina
04 May         Jerez, Spain
18 May Le Mans, France
01 June Mugello, Italy
15 June Barcelona, Catalunya
28 June        Assen, Netherlands
13 July Sachsenring, Germany
10 August      Indianapolis, USA
17 August      Brno, Czech Republic
31 August      Silverstone, Great Britain
14 September Misano, San Marino
21 September Aragon, Spain
28 September   Brasilia, Brazil*
12 October     Motegi, Japan
19 October     Phillip Island, Australia
26 October     Sepang, Malaysia
09 November Valencia, Spain

Oleh-oleh dari pasar jongkok di senayan

Dapat info kalau di senayan ada pasar jongkok. Langsung deh meluncur kesana.rencananya sih mau beli ban mizzle tipe draco ukuran 90/80 17.
  setelah nyampe beli tiket 10ribu dapet bonus koran WartaKota,langsung masuk. Muter2 nyari stand ban mizzle lansung tanya tipe draco ekh,,,ukuranya yang gk ada,yang dibawa cuma ukuran 60/80 17, kecewa ni barangnya gak ada. Padahl sebelumnya udah nyari ban itu d jalan raya bogor juga gk dapet.
ini hasil dari pasar jongkok tadi

image

Pas ambil gambar ada yg lebih menarik langsung samperin deh

image

Ambil dari jauh dulu,,,

image

image

image

Cuma dapet dari belakang :-(

image

Akhirnya dapat juga :-)

image

image

Oleh-oleh dari pasar jongkok di senayan

Dapat info kalau di senayan ada pasar jongkok. Langsung deh meluncur kesana.rencananya sih mau beli ban mizzle tipe draco ukuran 90/80 17.
  setelah nyampe beli tiket 10ribu dapet bonus koran WartaKota,langsung masuk. Muter2 nyari stand ban mizzle lansung tanya tipe draco ekh,,,ukuranya yang gk ada,yang dibawa cuma ukuran 60/80 17, kecewa ni barangnya gak ada. Padahl sebelumnya udah nyari ban itu d jalan raya bogor juga gk dapet.
ini hasil dari pasar jongkok tadi

image

Pas ambil gambar ada yg lebih menarik langsung samperin deh

image

Ambil dari jauh dulu,,,

image

image

image

Cuma dapet dari belakang :-(

image

Akhirnya dapat juga :-)

image

image

Jadwal race indoprix 2013

Balapan paling bergengsi di tanah
air yaitu Indoprix, akan mulai
debut awalnya di bulan Maret
tepatnya tanggal 16- 17 yang akan
diselenggarakan di Sentul
International Sirkuit .
Ada 5 seri
untuk balapan Indoprix tahun ini
dimana seri pamungkas akan
diselenggarakan di Balipat Binuang
Kalimantan Selatan 21 – 22
September 2013.
Berikut Jadwal Indoprix 2013 :
Putaran -1 : tgl 16 – 17 Maret 2013
– Sentul International Karting &
Motorcycle Circuit.
Putaran -2 : tgl 27 – 28 April 2013 –
PARK Circuit Kenjeran.
Putaran -3 : tgl 25 – 26 Mei 2013 –
PARK Circuit Kenjeran.
Putaran -4 : tgl 22 – 23 Juni 2013 –
Sentul International Karting &
Motorcycle Circuit.
Putaran -5 : tgl 21 – 22 September
2013 – Balipat Circuit Binuang

Menunggu Jupiter MX Ijneksi

Mulai sekarang sistim injeksi sudah mulai diberlakukan sebagian besar motor baru. itu karena Tahun 2014 semua motor diharuskan sudah mengusung sistem injeksi atau masuk ke Euro 3.

Buktinya Yamaha Indonesia terus mengeluarkan motor dengan teknologi injeksi seperti Mio J, Soul GT, Jupiter Z1, V-Ixion dan yang terakhir yakni Xeon injeksi. Namun ada beberapa motor yang belum mengusung teknologi injeksi salah satunya Jupiter MX yang sudah banyak ditunggu konsumen setianya di Indonesia.

semoga saja MX nanti mengusung teknologi injeksinya new vixion, pasti tambah ajip dan irit.dan menurut saya bodinya udah sip.

new-jupiter-mx