Ada beberapa hal yang menyebabkan penggunaan bensin menjadi boros yakni kinerja mesin kendaraan, kualitas bahan bakar, infrastruktur dan prilaku mengemudi tiap pengendara.
Untuk kendaraan sebaiknya para pemilik kendaraan merawat motor mereka secara baik dan berkala. Gunakan juga bahan bakar berkualitas. Karena bila melihat spesifikasinya, kendaraan diatas tahun 2010 haruslah menggunakan bahan bakar beroktan 91-95. Penggunaan bensin beroktan di bawah angka tadi akan membuat umur mesin berkurang dan pembakaran tidak efisien. Kalau di bawah tahun 2010 atau dilihat dari spesifikasi kendaraan bolehlah menggunakan oktan 88.
Penggunaan bahan bakar berkualitas akan membuat kerak di mesin berkurang. Kalau kerak berkurang, pembakaran bisa lebih sempurna. Kalau pembakaran sempurna, umur mesin bisa lebih panjang dan efisiensi bahan bakar bisa dicapai.
Sementara faktor infrastruktur jalan dimana banyak sekali jalan yang macet merupakan hal selanjutnya yang akan mempengaruhi tingkat efisiensi bahan bakar.
Karena itu, kita harus pintar-pintar memilih jalan dan waktu berkendara.
Prilaku berkendara yang benar. Ini salah satu faktor kunci. Ada banyak hal yang harus diperhatikan ketika berkendara.
Berikut tips-tips agar efisiensi bahan bakar dapat dicapai:
Perilaku mengemudi:
- Lakukan perilaku mengemudi kendaraan secara ‘cermat’. Seperti yang sudah umum diketahui, perilaku berkendara yang benar adalah salah satu faktor penting dalam mencapai konsumsi bahan bakar yang efisien: Antisipasi. Jangan terprovokasi ketika di jalan. Kalau ada yang ngajak ngebut, cuekin saja.
- Jaga kecepatan menengah dengan antisipasi pergerakan kendaraan lain sehingga tidak perlu berakselerasi dan mengerem mendadak.
- Gunakan gigi tinggi
- Optimalkan putaran mesin dan naikkan posisi gigi tertinggi sesuai kebutuhan.
- Kurangi bobot. Banyak beban berarti makin banyak beban kerja mesin yang menguras BBM. Kurangi bobot berlebih. Bobot yang makin berkurang akan mengurangi konsumsi bahan bakar.
- Rencanakan perjalanan. Pilih rute terbaik, cari jalan alternatif, serta perbanyak informasi. Rencanakanlah perjalanan kita.
- Perlambat kendaraan. 10% lebih cepat di atas 60 km per jam, artinya 10%-20% lebih banyak BBM yang dipakai. Perlambatlah kendaraan kita.
Merawat Kendaraan
- Servis rutin kendaraan. Servis rutin kendaraan kita pada jarak waktu yang tepat untuk memberikan jaminan kendaraan kita akan selalu berjalan dengan performa terbaiknya.
- Perhatikan kondisi busi. Lakukan penggantian rutin tiap tahun atau tiap 10.000 km untuk pembakaran yang optimal dan proses penyalaan mesin yang mudah.
- Servis kendaraan berkala. Jaga kondisi mesin dan kelancaran semua bagian di dalamnya agar tetap melakukan kerja yang optimal.
- Jaga tekanan ban. Tekanan ban kurang 20% berarti kendaraan akan 10% lebih boros. Jagalah tekanan ban kendaraan kita.
Penggunaan bahan bakar:
- Penggunaan bahan bakar yang tepat
- Gunakan bahan bakar yang tepat sesuai kebutuhan kita untuk optimalisasi pembakaran.
tahun ga pengaruh x bray, piksen aja dibuat taun 2007, kompresii 10,4 : 1, muosok boleh diminumin bensin….
yg di bwahnya kn dijelasin atau menurut spesifikasinya
Klo ganti cdi racing katanya bkin bagus pengapian,otomatis bhn bkr jd irit,apa bner?
benar masbro,tinggal di seting lg karburatornya,perlu peyesuaian.
tips yg sangat bermanfaat sekali mantap gan.
tapi klo ane emang udah terbiasa dari dulu pake motor boros dari jaman masih pakai vespa, satria 120 S, sampai dengan shogun sp yg sekarang saya pakai jadi gk terlalu mkirin boros enggaknya seh, tetapi yg penting buat saya pribadi adalah manfaatnya itu sendiri kita punya motor bisa dipakai kemana-mana (termasuk dipake buat ngantor), tanpa banyak trouble, nyaman, aman, performa gk malu-maluin, dan keren tentunya.
okey masbro!!!
econo riding mas bro : titip warung baru http://kenthoetboreup.wordpress.com/
otre masbro,salam kenal.
tips n trik yg ajib n berguna.
nice artikel sob 😀
mantap nih.. lengkap infonya..
ok
kalo rpm yg paling irit tu berapa bro?
Di torsi maksimum atau power maksimum?
di torsi maksimum klo mau ngejar irit.
brarti pas geter pol polnya itu kan bro?
Thanks banget ya.
bukan masbro,,,pas terasa nariknya yg paling kenceng