Oli Motor Mulai Berkurang, Mengapa?

Pengecekan oli mesin wajib kita lakukan,fungsi oli pada mesin menjaga suhu mesin agar tetap stabil seiring dengan proses gesekan antarkomponen di mesin, oli juga berfungsi melumasi berbagai komponen mesin. takutnya volume oli berkurang yang akan mengakibatkan kurangnya pelumasan. Jika pelumasan kurang akan mengakibatkan mesin cepat panas, suara mesin menjadi berisik, bila bagian tertentu tidak mendapatkan pelumasan akan mengakibatkan keausan dan macet.

penyebab utama oli berkurang adalah termakan oleh usia,heheheh. maksudnya bagian mesin udah aus dan wajib di ganti huhumnya,apabila bagian tersebut belum diganti oli didalam mesin terus berkurang.

Bagian tersebut adalah sil klep,terbuat dari karet yang berfingsi untuk mencehah oli masuk melewati batang klep. ring piston,apabila usia pakai sudah lanjut,ini akan terjadi keausan dikarenakan cara kerja dari ring piston yang melingkar di piston maju-mundur di dalam silinder,maka celah dari ring piston akan semakin membesar,untuk ukuran standar 0.20mm – 0,30mm apabila lebih dari itu maka ring piston wajib diganti. Dan perhatikan bagian luar mesin  terjadi kebocoran oli atau tidak.oia,,,,satu lagi apa bila sudah di ganti ring piston masih terjadi oli masih berkurang mungkin terjadi kesalahan pemasangan ring piston,gambar di atas urutanya dan sudut antara ring pertama dan kedua dan seterusnya harus membuat sudut 120 derajat.

About these ads

8 thoughts on “Oli Motor Mulai Berkurang, Mengapa?

  1. teknologi mesin pada sebuah sepeda motor juga mempunyai andil besar juga, dalam kasus berkurangnya oli pada mesin motor. contoh real dua temen saya pemakai motor yg berbeda yg satu pakai smash 2005 yg satunya lagi pakai supra fit 2006. sama2 pakai oli evalube (maaf sebut merk) setelah dicek ternyata yg paling banyak berkurang yg pake supra fit, sedangkan yg smash nyaris hampir tidak berkurang banyak. padahal yg pake supra fit motornya cukup terawat dibandingkan dengan yg punya smash.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s