Efek Celah Klep

efek celah klep

Penyetelan celah klep dimaksudkan untuk mempertahankan celah (clearance) antara ujung batang katup dengan ujung baut penyetel katup agar tetap sesuai standar. Tujuannya untuk diperoleh unjuk kerja mesin yang optimal.

Pemberian Jarak Bebas dimaksudkan guna mengantisipasi pemuaian pada klep selama proses pembakaran pada mesin.

Jika Jarak bebas klep terlalu lebar dapat mengakibatkan suara berisik pada mesin (daerah penutup setingan klep) dan jika jarak bebas klep terlalu sempit, saat klep memuai maka klep akan terdorong sehingga membuka port-port saluran masuk/buang pada ruang bakar, mesin akan kehilangan kompresi, susah stasioner, bahkan dapat menyebabkan klep gosong .

Setelan klep juga mempengaruhi lift (tinggi klep membuka) dan duration (lama waktu membuka) katup.
misal, pada celah standar, lift katup 5,5 mm. nah, ketika dibikin lebih sempit 0,02 mm, maka lift akan bertambah pula, tergantung jarak poros rocker arm. (kalau jarak poros di tengah, maka akan bertambah 0,02 mm pula, jadi 5,52 mm, kalo gak ditengah, bisa dihitung pake persamaan sederhana). meski sangat sedikit, tapi efek bagi mesin akan terasa cukup signifikan.

Ketika klep direnggangkan, maka angkatan klep berkurang, dan durasi klep juga berkurang. hal ini membuat langkah kompresi lebih padat (karena lebih lama), meski fluida yang masuk lebih sedikit. klep buang juga akan membuka lebih lambat ketika akhir langkah tenaga, sehingga langkah tenaga lebih lama.
nah, karena kompresi lebih padat dan langkah tenaga lebih panjang, maka torsi putaran bawah menengah lebih bagus. apalagi, setelan renggang mampu menyediakan celah buat katup untuk menutup sempurna.
torsi lebih bagus diperoleh dengan pemakaian bbm yang lebih sedikit (karena lift dan duration berkurang), so lebih irit. katup juga mempunyai kesempatan untuk menyalurkan panas lewat dudukan katup lebih lama, jadi katup lebih dingin.

sebaliknya, jika stel klep lebih rapat, maka lift dan duration bertambah, efeknya, bbm lebih banyak, namun langkah kompresi kalah padat (karena lebih pendek) dibandingkan dengan setelan katup renggang. demikian pula, langkah tenaga lebih pendek dari setelan klep renggang. so, torsi pada putaran bawah menengah lebih kecil, namun tenaga putaran atas lebih bagus, karena flow bbm lebih banyak dan lancar. bbm pun lebih boros daripada set-elan renggang.

namun perlu diingat, jika terlalu renggang, mesin akan berisik, so kepala katup, rocker arm, ujung baut penyetel katup, dan noken as akan cepat aus. bearing noken as juga cepat aus karena hentakan bertambah. selain itu, karena terlalu renggang, laju gas masuk dan keluar mesin berkurang terlalu banyak, mesin justru kurang tenaga (ngempos), dan lebih panas (karena lean, dan gesekan bertambah). karena tenaga berkurang, hasilnya boros juga karena harus memutar grip gas lebih dalam.

demikian pula jika terlalu rapat, katup tidak menutup sempurna, so mesin susah hidup (susah stasioner), tenaga ngempos (kompresi bocor), katup overheat (pelepasan panas tidak cukup,

terutama katup buang), juga ujung katup serta ujung baut penyetel katup lebih cepat aus (karena terkena dorongan ledakan ruang bakar dari katup). efeknya, mesin lebih panas juga, bbm boros. bahkan, katup bisa melengkung.

Yang paling bagus, emang stel sesuai spek standar. jika mau lebih rapat atau renggang, jangan terlampau jauh dari ukuran standar. Kecuali spec motor kompetisi.

About these ads

47 thoughts on “Efek Celah Klep

  1. Masih agak bingung soal terlalu rapat atau renggang dari stelan standar. Ini buat setelan klep in atau ex ataukah kedua2nya?
    Misalnya standarnya: in=0,10 dan ex=0,17,
    apakah stelan lebih rapat itu: in<0,10 dan ex=0,17 atau in<0,10 dan ex<0,17?

    Apa efeknya jika hanya salah satu klep in/ex saja yang di stel?
    Thanks yah

    • kalau di setel lbih rapat dari standar motor,akan berefek pada suara mesin terasa lebih hlus,dan bila teralu rapat penyetelanya akan berakibat tenaga berkurang saat panas dan susah stasioner saat panas.kalau di setel lebih renggang dari setelan standart akan terasa tarikan lebih terasa dan suara mesin sedikit lebih kasar.

  2. mw nanya gan, ane pake vixion. setelah ane stel klep malah suaranya ngelitik bgt,apa lagi ketika mesin agak panas,tenaga juga kurang. oh ya setelan klep mempengaruhi mesin overheat ga, soalnya indikatornya sampe pernah nyala?

    • di setel ukuran berapa gan? klo udah di setel ukuran standart standartnya 0,10 untuk in dan 0.14 untuk exnya.
      klo masih kasar mungkin sampean salah ngeTOPinya salah.teknik simpelnya nyetel klep harus di top komptresi,cara mengetahuinya pas tanda top di magnet.lalu putar poros engkol maju-mundur dan kembalikan lagi keTOP.pas di putar maju mundur lihat pelatuk atau rocker arm bergoyang berarti itu salah ngetopinya,harus di putar sekali lagi poros engkolnya gan,dan coba putar maju-mundur lagi,klo udah diam gak bergerak itu baru di top kompresi.baru deh di setel lagi klepnya. bisa overheat jika setelan klep terlalu renggang.

      • ane sih stel di beres gan, kurang ngerti masalah setelanya. waktu awal2 hidupin mesin emang sih ga ada suara ngelitik, tapi udah agak lamaan aja berisik banget, terlebih kondisi panas. performa mesin yg ane rasa juga beda antara sebelum dan sesudah setel, jadi lebih cepet panas.
        trus ane mesti gmn gan,khususnya utk setelan yg standar n tidak berisik (apakah setel ulang)?
        trims gan infonya :D

  3. Mau tanya ne kawan aku pakai vixion tp tarikannya gak maksimal tarikan gas berat bgt…..??kira kira kenapa ya ap perlu stel klep nya

    • perlu,di setel lagi biar sesuai spek dari buku petunjuk.kalau pingin dirubah setelan celah klepnya untuk sedikit merubah karakter motor. trus masalah tarikan mulai berat karena udah lama gak servis rutin itu sepertinya dari filter udara yang udah kotor.jadi mesin lebih banyak menyedot bensin daripada udara.efeknya pembakaran dirung bakar jadi gk sempurna.jadi boros bahan bakar dan berat tarikanya!

  4. Kalo saya Stel Klep smash 2005, Ternyata saya kasi in 0,05 out 0,06 Tetap ada bunyi ngelitik. Saya coba dirapatkan lg untuk menghilangkan suara. dengan ukuran 0,03 in dan out 0,03. Tetap Nglitik. Itu Kenapa penyebabnya y?

  5. Gan Mx Ane 2010 Ko Setelah setel klep in 0.10 dan ex 1.5 ko mesin jadi brebet dan ngempos. udah ane ganti busi baru NGK cpr8ea-9 Masih Juga Brebet. karburator udah ane kuras dan seting, tapi tetep aja nihil minta pencerahannya bro……so ane udah mumet.

    • Klo bebret itu sepertix dari karburatorx setingx gk pas gan.klo bleh tau bebretx pas puteran mesin pelan apa tinggi… atau pas puteran gas seperempat atau gas buka penuh…..sepertinya bebretx pas handle gas d buka full y

  6. mas,mo nya ni,,,ane pny vixi 2011,knpa ya mesin ksar,sprti ada bnyi klotok2 gtu,tp pas kopling dtrik,suara nya dx ksar lgi,,,
    n klo dibwa jln jauh tu pas pnas,msin ksar bnar kyak ada bnyi serbutan pasir,,,,kasi solusinya dong,plis,,,ane bru 2bln ni,bli seken,,,he

    • Itu bagian koplingnya bro…memang klo kopling manual seperti itu….mungkin hanya suara kasarnya berbeda sama yg motor baru.trus klo pas mesin panas bisa karena detonasi mesin.penyebab detinasi mesin krna oktan bahan bakar yang tidak pas,pembakaran yg tidak sempurna, trus udah banyak karbon sisa bahan bakar yg mengendap d ruang bakar jadi karbon tersebut waktu panas jadi bara api.waktu bahan bakar dan udara yg tercampur di dalam ruang bakar harusnya di bakar dengan percikan bunga api dari busi, tetapi karena ada karbon tsb maka terjadilah pembakaran duluan sebelum wakrunya.

      • Ok gan.klo udh d coba….share lg ya gan gmna hsilx. ..gue saranin carbon cleanerx di campur dengan pertamax plus….hasilx ntr baru terasa setelah jalan lbh dari 100 km gan

      • sip gan,,, tp kalo cuman bensin doang gmn gan? soalnya pertmak mhal amat gan,,,,he gx ccok buat kantong kuliah gan,,,
        n apkh bensinnya yg dicampur tu hrus dpake habis dulu baru diisi lagi?

      • hehehe,,,mksih bnget gan,,,nnti siang ane nyoba,,,
        gan klo mtr dbwa jalan yg dx rata tu suka goyang gan,kira2 apa tu? ban depan standr,blkg pke korsa 100/80,,,,padahal sasis ama pelak kalok disatandar 2,ane goyang2 dx ada yang goyang prasaan ane,,,he
        gmn solusinya gan?

      • Sepertinya ban belakang jadi lebar dan keliatan ceper ya gan. Ban lebar emang gitu klo kena jln yang gk rata…pas djln yg rusak ban kena beban hanya sebelah kanan..jdi motor terasa mbuang k kiri…trus dan sbaliknya…..klo d jln yg rata beban ban ada d tengah kdi gk goyang2 gan…

      • jadi kalo ane kasi ban 120/80 gmn gan? pelak ane standar gan,,,
        atw bgsnya ukran brpa ya? ane sring jaln ptk-singkwang pp gan,, sktar 230km,,, takut ada apa2 gan,,he

      • tq gan,,,, tadi ane udh pkai tu YCC,uda ane pakai buat 20km lbih lah,,, tarikan emng agak nyaman gan,cuman bunyi tek tek tek nya msih ada gan,,,kalo gigi 5 lari 40km/j tu masi kedengeran,,,, kira2 apanya tu gan? atw emng lum bkrja ya YCC tu

      • Sepertinya klo motor kopling manual klo d pakai rpm rendah klo d tarik gasx memang gtu deh gan…gigi 5 klo lari 40km/jam rpmx d sekitar 3000rpm kn gan!

  7. Di bikin lebih renggang dikit dri standartnya gan.karena mesin lebih panas dri stdrx.jadi pemuaian batang klep lebih panjang. Untuk setelanx d bikin 0,06 mm untuk in dan 0,07 atau 0,08 mm untuk ex.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s